Kamis, 01 Maret 2012

Program Beasiswa Pascasarjana Kementerian Riset dan Teknologi TA. 2012



Program Beasiswa Pascasarjana Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) diselenggarakan untuk mendukung pencapaian salah satu prioritas dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) 2010-2014 yang selaras juga dengan Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI), yaitu Peningkatan Kapasitas dan Kapabilitas Sumber Daya Manusia Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (SDM-Iptek) dalam rangka penguatan Sistem Inovasi Nasional (SINas). Penguatan SINas ini penting, mengingat di dalam SINas inilah ada upaya pengaturan kelembagaan yang secara sistemik dan berjangka panjang dapat mendorong, mendukung, menyebarkan dan menerapkan inovasi-inovasi di berbagai sektor dan mempunyai skala yang lebih luas. Hal tersebut berefek pada peningkatan daya saing bangsa yang bertumpu pada penguasaan Iptek.

Program Beasiswa Kemenristek terdiri dari program gelar S2 dan S3 baik di dalam dan di luar negeri; program non-gelar berupa pemagangan riset di luar negeri dan kursus bahasa Inggris; serta program pendukung untuk peningkatan kapasitas sumber daya manusia berupa penyediaan biaya untuk penerbitan jurnal serta pembiayaan untuk menjadi pembicara dalam konferensi/seminar.

Upaya menyukseskan program ini membutuhkan partisipasi dan dukungan dari berbagai pihak. Kemenristek mengundang SDM yang berada di lingkungan Kemenristek, LPNK Ristek dan institusi riset agar memanfaatkan Program Beasiswa Pascasarjana Kemenristek dengan sebaik-baiknya.

Buku pedoman ini diharapkan dapat menjadi panduan dan bahan informasi yang lengkap bagi pengelola program, calon karyasiswa, dan karyasiswa dalam rangka kelancaran pelaksanaan studi yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi yang bekerjasama dengan Kemenristek dan semua institusi yang terkait dengan program ini. Selain itu diharapkan juga buku pedoman ini menjadi dokumen tertulis yang dijadikan acuan atau pedoman untuk prosedur pelaksanaan Program Beasiswa Pascasarjana Kemenristek.


Jakarta, Januari 2012

           ttd

Deputi Bidang Sumber Daya Iptek,
Kementerian Riset dan Teknologi
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Download:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar