Rabu, 28 Desember 2011

Pengalaman Belajar 3 Bulan yang Takkan Terlupakan di IALF Bali ...Alhamdulillah ..

                                   Foto bersama peserta Diklat EAP  Bali 2011

Secara umum kegiatan belajar mengajar yang saya rasakan selama 3 bulan di IALF Bali berjalan baik dan saya pribadi merasakannya sangat menarik.  Belum pernah saya merasakan sistem pembelajaran bahasa inggris yang  terstruktur, konferenhensif, dan padat seperti ini sebelumnya,  Saya pribadi  sudah sering mengikuti kursus bahasa inggris akademik seperti yang diselenggarakan Pusbindiklat LIPI dan Lembaga Bahasa UI, mereka semua baik tapi jika dibandingkan dengan pola  pengajaran di IALF Bali, jujur saya katakan IALF Bali jauh lebih baik. Baik dari segi materi, guru, fasilitas belajar maupun sistem pendidikan yang digunakan. Menurut saya IALF sangat professional. Terutama Kelas Ristek C (khususnya) karena kebetulan teacher kami yaitu Mr. Johan dan Des Kearney adalah sosok pengajar yang sangat berdedikasi, mereka benar-benar guru 100%. Mereka rela melakukan apa saja untuk meng - up grade kemampuan bahasa inggris kami. Saya selalu merasa tertantang dan termotivasi setiap hari. Mr. Johan memaksa kami bicara bahasa inggris dengan memberikan kami PR Speaking setiap minggu yang harus direkam menggunakan media perekam kemudian harus kami kumpulkan setiap hari Senin. PR ini juga dilengkapi dengan lembar skrip yang harus kami isi sesuai dengan yang kami ucapkan dalam rekaman dan sesuai topik kemudian akan dikoreksi oleh beliau setiap hari Senin untuk dikembalikan kembali dan diberi catatan kekurangan dan kelebihannya dimana. Menurut saya ini sangat2 menarik. Tidak hanya itu, untuk Writing, dia telah memberikan semua materi yang kami butuhkan dalam membuat tulisan ilmiah seperti bagaimana membaca dan menuliskan Grafik, Tabel, Flow Chart, dan mengajari kami cara mendeskripsikannya dalam bahasa inggris yang akademis dan ilmiah. Kami juga dilatih menulis essay berbahasa inggris dengan struktur kalimat yang benar dalam bahasa inggris dan kedalaman analisis, yang biasanya setiap pekan kami akan diuji menuliskannnya dalam waktu 20 menit tanpa melihat buku. Ini diperkuat Mr. Des Kearney yang terus menerus meningkatkan kemampuan menulis essay kami. Dan Des saya katakan tidak pernah jera mengajari kami, saya katakan dia orang Inggris yang pantang menyerah. Kadang-kadang ada satu hari kami merasa sulit sekali memahami materi, tapi itu bukan masalah baginya karena besoknya dia akan datang dengan solusi baru yang tidak pernah terduga sebelumnya. Dan Mr. Des ini saya katakan sangat Strick, really!. Dia sangat disiplin dan tidak pernah datang terlambat dan dia juga tidak mau kami terlambat. Dia sangat perhatian dan tahu kebiasaan setiap siswanya. Dia mengajar kami dengan menggunakan kursi berjalan dan mengelilingi kami setiap kami mengerjakan soal2, kami seperti anak di tangan Mr. Des karena setiap langkah perkembangan kami selalu diperhatikan olehnya. Maka saya katakan kolaborasi Mr. Des- Mr. Johan adalah kolaborasi yang sangat sempurna. Jujur saya katakan kemampuan bahasa inggris saya meningkat baru pada saat ditangan mereka. Ini komentar objektif dan jujur, dan saya tidak mengada-ada. Bahkan saya rela jika disuruh mengulang belajar lagi bersama mereka karena saya sangat menikmatinya, dan ucap terimakasih sebesar-besarnya saya berikan kepada Mr. Johan sosok yang sangat berdedikasi dalam mengajar dan low profile. Terimakasih. (Tapi saya tidak tahu  untuk kelas A dan B, karena bukan Mr. Des dan Mr. Johan yang mengajar, beberapa informasi yang saya dengar mereka agak kurang puas dengan pengajarnya).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar